Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pencemaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping (studi pada Siswa di Sekolah Usaha Perikanan Menengah Tegal)

Main Article Content

Anjang Kurnia

Abstract

Kegiatan belajar mengajar lebih di dominasi oleh guru dimana seharusnya guru hanya berperan sebagai fasilitator saja sehingga siswa cenderung pasif dan kurang aktif bertanya serta mengemukakan pendapatnya.Siswa juga kurang termotivasi untuk memecahkan masalah bersama-sama.Hal tersebut menyebabkan aktivitas dan prestasi siswa rendah.Oleh karena itu perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dan prestasi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengethui peningkatan aktivitas belajar siswa dan prestasi siswa melalui pembelajaran mind mapping. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 22 siswa kelas 1 NKPI A SUPM Negeri Tegal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes, observasi, catatan harian, wawancara dan dokumentasi.Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil observasi dan tes.Sedangkan analisis kualitatif dilakukan untuk menganalisis data non tes yang diperoleh dari siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran mind mapping mampu meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa ditandai dengan meningkatnya rerata hasil belajar dari siklus I dengan rerata 68,64 menjadi 80,77 pada siklus II dan memberikan respon/sikap positif dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari 47,64% pada siklus I menjadi 73,82% pada siklus II.

Article Details

How to Cite
Kurnia, A. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pencemaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping: (studi pada Siswa di Sekolah Usaha Perikanan Menengah Tegal). JURNAL ILMU EKONOMI AL-ANWAR, 11(1), 1-7. Retrieved from http://ejournal.stie-alanwar.ac.id/index.php/jaa/article/view/77
Section
Articles

References

Alamsyah, Maurizal. (2009). Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi Dengan Mind Mapping.Yogyakarta: Mitra Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Buzan, Tony. (2008). How to Mind Map: Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia

Depdiknas.(2003). Undang-undang No. 20 Tahun 2003 (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta: BSNP.

Hikmawati, C. R. (2013). Penerapan Strategi Mind Map Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sekolah Dasar.Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.

Isjoni.(2009). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Rahayu, R. (2016). Peningkatan karakter tanggung jawab siswa SD melalui penilaian produk pada pembelajaran mind mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).

Swadarma, Doni. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran.Jakarta: Elex Media Komputindo.